Penerapan Metode Gasing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Kemampuan Berhitung Mapel Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Jepang 1 Kudus Tahun 2012/ 2013

Ainurrahmi, Naela and , Drs. Muhroji, M.Si. (2013) Penerapan Metode Gasing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Kemampuan Berhitung Mapel Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Jepang 1 Kudus Tahun 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_SKRIPSI.pdf

Download (450kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar dan kemampuan berhitung melalui penerapan metode Gasing pada pembelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas).Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Jepang 1 Kudus yang berjumlah 28 siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penigkatan minat belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian minat belajar. Indikator pencapaian minat belajarpada siklus akhir atau siklus II, yaitu: 1) Siswa yang memiliki perasaan senang96,43%, 2) Siswa yangmemiliki ketertarikan85,71%, 3) Siswa yang memiliki perhatian92,86%. 4)Siswa yang memiliki keterlibatan 89,49. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai 32,14% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 55,36% sedangkan diakhir tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM sebesar 92,86%. Berdasarkan data dan analisis data di atas dapa disimpulkan bahwa penerapan metode GASING meningkatkan minat belajar dan kemampuan berhitung mata pelajaran matematika siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gasing (gampang, asyik, dan menyenangkan), Minat Belajar, Kemampuan berhitung, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2013 08:31
Last Modified: 28 Oct 2021 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22885

Actions (login required)

View Item View Item