Penerapan Strategi Pembelajaran Instant Assessment Dengan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadirojo Tahun Ajaran 2011/2012

Nurrohman, Wahid and , Dr. H. Sumardi, M.Si. and , Masduki, S.Si. M.Si. (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Instant Assessment Dengan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadirojo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (710kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (601kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang dengan penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dengan media alat peraga pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadirojo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Instant Assessment dengan media alat peraga yang dilaksanakan dalam III putaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari Putaran I sampai dengan putaran III melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung antara peneliti dengan kolaborator dan hasil belajar mata pelajaran matematika. Hasil penelitian tindakan kelas adalah: ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui dengan penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dengan media alat peraga. Hal ini dilihat dari aspek a). Bertanya dari sebelum tindakan (16,12%) meningkat menjadi (64,51%) b). Menjawab pertanyaan dari sebelum tindakan (25,80%) meningkat menjadi (77,41%); c). Mengerjakan soal ke depan kelas dari sebelum tindakan (12,90%) meningkat menjadi (45,16%). Sedangkan Hasil belajar juga mengalami peningkatan siswa yang tuntas KKM sebelum tindakan (38,70%) dan setelah dilakukan penelitian meningkat menjadi (83,87%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dengan media Alat peraga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadirojo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instant Assessment, Alat peraga, Keaktifan , Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Feb 2013 06:47
Last Modified: 03 Nov 2021 02:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22879

Actions (login required)

View Item View Item