Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Materi Pangkat Tak Sebenarnya (PTK pada Siswa Kelas IX SMP MUHAMMADIYAH 11 Kedawung)

Budiarto, Fytriyanto Wisnu and , Drs. Ariyanto, M.Pd. (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Materi Pangkat Tak Sebenarnya (PTK pada Siswa Kelas IX SMP MUHAMMADIYAH 11 Kedawung). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (425kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (567kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2012/2013, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 11 Kedawung sebanyak 26 siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair share pada materi pembelajaran Pangkat Tak Sebenarnya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua putaran dengan putaran pertama diberikan strategi diskusi, sedangkan pada putaran kedua dengan strategi diskusi dan presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari indikator-indikator kemampuan pemahaman konsep, yaitu: (1) kemampuan menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan benar mengalami peningkatan dari 19,23% menjadi 80,76%, (2) kemampuan memberikan tanggapan dari guru maupun teman saat proses pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan dari 11,54% menjadi 65,78%, (3) kemampuan penerapan konsep yang telah dipelajari dengan benar mengalami peningkatan dari 7,69% menjadi 57,69%, dan (4) kemampuan membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran yang dilakukan mengalami peningkatan dari 7,92% menjadi 69,23%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 11 Kedawung

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, konsep, pemahaman, matematika, diskusi, presentasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Feb 2013 06:37
Last Modified: 03 Nov 2021 02:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22878

Actions (login required)

View Item View Item