Penerapan Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Putat Tahun 2012/2013

Iswati, Dwi Apri (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Putat Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (437kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi Bermain Jawaban. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Putat, Purwodadi yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian keaktifan. Indikator pencapaian keaktifan pada siklus I pertemuan pertama yaitu: 1) Siswa yang aktif mengajukan pertanyaan sebanyak 5 siswa atau 26,32%, 2) Siswa yang aktif menjawab pertanyaan sebanyak 7 siswa atau 36,84%, 3) Siswa yang aktif dalam diskusi kelompok sebanyak 7 siswa atau 36,84%. Pada siklus I pertemuan kedua yaitu: 1) Siswa yang aktif mengajukan pertanyaan sebanyak 11 siswa atau 57,89%, 2) Siswa yang aktif menjawab pertanyaan sebanyak 10 siswa atau 52,63%, 3) Siswa yang aktif dalam diskusi kelompok sebanyak 11 siswa atau 57,89%. Sedangkan indikator pencapaian keaktifan pada siklus II pertemuan pertama yaitu: 1) Siswa yang aktif mengajukan pertanyaan sebanyak 14 siswa atau 73,68%, 2) Siswa yang aktif menjawab pertanyaan sebanyak 14 siswa atau 73,68%, 3) Siswa yang aktif dalam diskusi kelompok sebanyak 15 siswa atau 78,95%. Pada siklus II pertemuan kedua yaitu: 1) Siswa yang aktif mengajukan pertanyaan sebanyak 15 siswa atau 78,95%, 2) Siswa yang aktif menjawab pertanyaan sebanyak 16 siswa atau 84,21%, 3) Siswa yang aktif dalam diskusi kelompok sebanyak 16 siswa atau 84,21%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai 31,58%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 68,42% sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM sebesar 84,21%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bermain jawaban, keaktifan, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 26 Feb 2013 11:34
Last Modified: 26 Feb 2013 11:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22868

Actions (login required)

View Item View Item