Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2012/ 2013

Estikawati, Estikawati (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (955kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
JURNAL_SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keaktifan siswa merupakan salah satu hal penting dalam suatu proses pembelajaran, karena dengan adanya keaktifan siswa tujuan pembelajaran akan tercapai dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada pelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Scramble. Jenis penelitian ini termasik Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan siswa dari prasiklus yang aktif hanya 5 siswa (17,24 %). Siswa aktif mengerjakan soal dalam kelompok. Siswa bertanya dan menjawab pertanyaan, dan siswa aktif dalam membuat kesimpulan. Pada siklus I pertemuan pertama 7 siswa (24,14 %), pertemuan kedua 11 siswa (37,93 %), siklus II pertemuan pertama 18 siswa (62,07 %), siklus II pertemuan kedua meningkat mencapai 25 siswa (86,21 %). Dengan meningkatnya keaktifan siswa maka meningkat pula hasil belajar siswa. Peningkatan yang terjadi yaitu pada prasiklus siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM hanya 5 siswa (17,24 %), siklus I pertemuan pertama 8 siswa (27,59 %), siklus I pertemuan kedua 13 siswa (44,83 %), siklus II pertemuan pertama 20 siswa (68,97 %) siklus II pertemuan kedua meningkat menjadi 25 siswa (86,21 %). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran Scramble dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran IPS kelas IV SDN Baleharjo 2 tahun ajaran 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan siswa, strategi pembelajaran Scramble
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 13 Sep 2013 06:30
Last Modified: 13 Sep 2013 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22867

Actions (login required)

View Item View Item