Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Kelas VI SD Negeri 02 Gebyog Tahun Ajaran 2012/2013

Agmi, Kalisna Kumala and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Kelas VI SD Negeri 02 Gebyog Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (NAskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 02 Gebyog dengan model pembelajaran Rotating Trio Exchange. Peningkatan dapat dilihat secara proses maupun produk dengan menggunakan model Rotating Trio Exchange. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian diilakukan di SD Negeri 02 Gebyog. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VI yang terdiri dari 17 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas VI SD Negeri 02 Gebyog. Teknik pengumpulan data yang diguakan dalam penelitian ini meliputi observasi, metode tes, dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dokumentasi, dan lembar penilaian minat dan hasil belajar siswa. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan pengguanaan model Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 02 Genyog. Peningkatan tersebut tampak pada hasil proses dan produk. Minat belajar ditunjukkan pada:(1) Tertarik pada pelajaran, pada siklus I sebanyak 11 siswa (64,7%) dan mencapai 16 siswa (94,12%) pada siklus II.(2) Konsentrasi, pada siklus I sebanyak 9 siswa (52,94%) dan mencapai 15 siswa (88,24%) pada siklus II.(3) Teliti dalam belajar, pada sisklus I sebanyak 8 siswa (47,06%) dan mencapai 14 siswa (82,36%) pada siklus II.(4)Kemauan dalam belajar, pada siklus I sebanyak 10 siswa (58,82%) dan mencapai 16 siswa (94,12%) pada siklus II.(5) Ulet dalam belajar, pada sisklus I sebanyak 7 siswa (41,18%) dan mencapai 14 siswa (82,36%) pada siklus II. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari skor rata-rata kelas hasil belajar dari siklus I hingga siklus II. Pada siklus I sebanyak 11 siswa (64,7%), pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata skor kelas VI yang mencapai 15 siswa (88,24%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, hasil belajar, metode Rotating Trio Exchange
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 26 Feb 2013 11:04
Last Modified: 27 Oct 2021 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22864

Actions (login required)

View Item View Item