Nilai Edukatif Novel Perempuan Berkalung Sorban Karya Abidah El Khalieqy: Analisis Semiotik Dan Implementasinya Sebagai Materi Ajar Di SMK Negeri 1 Plupuh Sragen

Cahyaningsih, Sefti Wahyu and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum. (2013) Nilai Edukatif Novel Perempuan Berkalung Sorban Karya Abidah El Khalieqy: Analisis Semiotik Dan Implementasinya Sebagai Materi Ajar Di SMK Negeri 1 Plupuh Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (621kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (414kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan struktur yang membangun novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy, (2) memaparkan nilai edukatif dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy, dan (3) mendiskripsikan implementasi nilai edukatif dalam novel Perempuan Berkalung Sorban sebagai materi ajar di SMK N I Plupuh Sragen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan objek penelitian adalah nilai edukatif novel Perempuan Berkalung Sorban. Data dalam penelitian ini berupa wacana yang terdapat dalam novel Perempuan Berkalung Sorban. Sumber data adalah novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy diterbitkan oleh YKF dan The Ford Fondation. Pengumpulan dilakukan dengan teknik pustaka, catat, wawancara, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah pembacaan hermeneutik dan heuristik. Teknik validitas yang digunakan adalah trianggulasi data. Berdasarkan analisis struktural, tema dalam novel ini adalah keberhasilan perjuangan seorang perempuan untuk mendapatkan pendidikan setara dengan laki-laki. Alur yang digunakan adalah alur maju. Tokoh-tokoh dalam novel tersebut adalah Annisa, Khudhori, Samsudin, Kalsum, Hajjah Mutmainah, Kyai Haji Hannan, Rizal, Wildan, Aisyah, Mbak May, Lek Mahmud, Lek Ummi, dan Mbak Maryam. Latar tempat dalam novel tersebut adalah Pondok Putri, Yogyakarta, Toko Buku di Yogyakarta, dan Kairo. Latar waktu dalam novel tersebut adalah sekitar tahun 1990-an. Latar sosial dalam novel tersebut adalah kehidupan masyarakat yang religius dan moral yang dijunjung tinggi, perjuangan memperoleh pendidikan di tengah kondisi penderitaan. Hasil penelitian berdasarkan tinjaun semiotik yaitu, nilai-nilai edukatif dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy: (1) nilai cinta, (2) nilai kebahagiaan, dan (3) nilai tanggung jawab. Adapun implementasinya nilai edukatif dalam novel ini sebagai materi ajar di SMK N I Plupuh Sragen yaitu (1) relevansi nilai edukatif dengan standar isi, (2) relevansi pembentukan kepribadian dalam diri peserta didik, (3) penerapan nilai edukatif dalam pembelajaran: (a) materi pembelajaran, (b) proses belajar mengajar, (4) tanggapan guru, dan (5) tanggapan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Edukatif Dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban, Semiotik, dan Implementasi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Feb 2013 10:33
Last Modified: 28 Oct 2021 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22862

Actions (login required)

View Item View Item