Pengaruh Pemberian Tugas Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Nugraheni, Meyda Mustika (2013) Pengaruh Pemberian Tugas Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (415kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Ppublikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (217kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1.pengaruh pemberian tugas terhadap hasil belajar ekonomi. 2.pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar ekonomi. 3.pengaruh pemberian tugas dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banyudono Boyolali yang jumlahnya 223 siswa. Sampel diambil sebanyak 135 Siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 69,616 + 0, 073 X1 + 0, 131 X2 . Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel pemberian tugas dan kreativitas guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Pemberian tugas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas viii smp negeri 1 banyudono boyolali tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,106 > 1,960 dan nilai probabilitas < 0,05, yaitu 0,027. 2) Kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas viii smp negeri 1 banyudono boyolali tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,651 > 1,960 dan nilai probabilitas < 0,05, yaitu 0,010. 3) Pemberian tugas dan kreativitas guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas viii smp negeri 1 banyudono boyolali tahun ajaran 2012/2013.Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui Fhitung > Ftabel, yaitu 3,281 > 3,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004. 4) Variabel pemberian tugas memberikan sumbangan efektif 8,9%. Variabel kreativitas guru memberikan sumbangan efektif 15,8%. sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 24,7%, sedangkan 75,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberian tugas, kreativitas guru, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Feb 2013 07:58
Last Modified: 26 Feb 2013 13:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22854

Actions (login required)

View Item View Item