Pola Belajar Siswa Ditinjau Dari Jejaring Sosial Facebook Dan Lingkungan Belajar Siswa Di SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/ 2013

Mustofa, Ikhwan (2013) Pola Belajar Siswa Ditinjau Dari Jejaring Sosial Facebook Dan Lingkungan Belajar Siswa Di SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (820kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: 1) Jejaring sosial facebook terhadap pola belajar siswa di SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/ 2013; 2) Lingkungan belajar terhadap pola belajar siswa di SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/ 2013; 3) Jejaring sosial facebook dan lingkungan belajar terhadap pola belajar siswa di SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Prawira Marta Kartasura. Sampel diambil sebanyak 62 siswa, data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 15,394 + 0,363X1 + 0,269X2. Persamaan menunjukkan bahwa pola belajar dipengaruhi oleh jejaring sosial facebook dan lingkungan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Jejaring sosial facebook berpengaruh signifikan terhadap pola belajar siswa di SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/ 2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,114 > 2,001 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif 26,7%; 2) Lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap pola belajar siswa di SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/ 2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,578 > 2,001 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012 dengan sumbangan efektif 14%; 3) Jejaring sosial facebook dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap pola belajar siswa di SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/ 2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 20,348 > 3,153 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) jejaring sosial facebook sebesar 0,342 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh jejaring sosial facebook terhadap pola belajar adalah sebesar 34,2%. Uji koefisien determinasi (R2) jejaring sosial facebook dan lingkungan belajar sebesar 0,408 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh jejaring sosial facebook dan lingkungan belajar terhadap pola belajar adalah sebesar 40,8%. Dan besarnya pengaruh lingkungan belajar terhadap pola belajar sebesar 6,6% (40,8% - 34,2%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jejaring Sosial Facebook, Lingkungan Belajar dan Pola Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Feb 2013 07:17
Last Modified: 26 Feb 2013 13:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22850

Actions (login required)

View Item View Item