Peningkatan Kemampuan Bicara Anak Melalui Media Papan Flannel Pada Anak Kelompk B TK 02 Kadipiro Jumapolo Tahun Pelajaran 2012/2013

Sulistyowati, Sulistyowati and , Drs. A. Fathoni, M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Bicara Anak Melalui Media Papan Flannel Pada Anak Kelompk B TK 02 Kadipiro Jumapolo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (770kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (269kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (627kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bicara anak melalui media papan flannel pada anak Kelompok B TK 02 Kadipiro Jumapolo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok B di TK 02 Kadipiro Jumapolo tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bicara anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan papan flannel dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Prosedur penelitian ini terdapat empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis komparatif, yaitu perbandingan antara pencapaian keberhasilan kemampuan bicara anak dengan indikator kinerja pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan flannel dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan bicara anak pada anak Kelompok B TK 02 Kadipiro Jumapolo tahun pelajaran 2012/2013. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan jumlah anak yang mencapai keberhasilan dalam kemampuan bicara pada setiap siklusnya, yaitu sebelum tindakan jumlah anak yang mencapai keberhasilan sebanyak 4 anak (20%), kemudian setelah diberi tindakan menggunakan papan flannel pada siklus I meningkat menjadi 13 anak (65)%, pada siklus II meningkat menjadi 17 anak (85%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media papan flannel dapat meningkatkan kemampuan bicara anak pada anak Kelompok B TK 02 Kadipiro Jumapolo Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bicara anak, Papan flannel.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Feb 2013 11:52
Last Modified: 27 Oct 2021 02:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22843

Actions (login required)

View Item View Item