Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Bermain Dengan Media Kartu Huruf Bagi Anak Kelompok B Pada TK Pertiwi 01 Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 – 2013

Wulandari, Sri (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Bermain Dengan Media Kartu Huruf Bagi Anak Kelompok B Pada TK Pertiwi 01 Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 – 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (110kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui bermain dengan media kartu huruf bagi abak Kelompok B pada TK Pertiwi 01 Ngringo Kecamatan Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti sekaligus guru Kelompok B pada TK Pertiwi 01 Ngringo, Jaten, Karanganyar sebagai pelaksana tindakan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menganilasa hasil pembelajaran sebelum dan sesudah tindakan. Penelitian dilakukan dalam 4 tahap yaitu perencanaan sesuai dengan RBP, pelaksanaan, observasi dan refelksi, yang dilakukan berulang-ulang dalam 2 siklus, dan 2 x pertmuan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media kartu huruf dapat menarik perhatian anak dan meningkatkan rasa ingin tahu anak dalam pembelajaran membaca, tindakan kelas berupa bermain dengan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak Kelompok B pada TK Pertiwi 01 Ngringo. Hasil ratarata kemampuan membaca adalah jumlah siswa yang memiliki kemampuan membaca > 50% pra siklus sebayak 39,13 % (dari 23 anak), pada siklus I pertemuan 1 jumlah siswa yang memiliki kemampuan membaca > 50% sebanyak 95,65%, pada siklus I pertemuan 2 semua memiliki kemampuan > 50%, pada siklus II pertemuan 1 siswa yang memiliki kemampuan membaca > 75% sebanyak 69%, dan pada pertemuan ke 2 sebanyak 78,26%. Hasil Rata-rata kelas kemampuan membaca anak pra siklus adalah 46,43%, siklus I pertemuan 1 58,85%, pertemuan ke 2 68,79%, pada siklus II pertemuan 1 79,66%, pertemuan ke 2 82,92%. Hasil yang diperoleh adalah kegiatan bermain dengan menggunakan kartu huruf pada pembelajaran membaca, dapat meningkatkan kemampuan membaca anak Kelompok B pada TK Pertiwi 01 Ngringo, dengan demikian hipotesis diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, bermain dengan media kartu huruf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Feb 2013 08:49
Last Modified: 25 Feb 2013 08:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22837

Actions (login required)

View Item View Item