Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja Kelompok B TK Al Hikmah Kemuning Tahun Pelajaran 2012/2013

Maryani, Indah (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja Kelompok B TK Al Hikmah Kemuning Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (752kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu bidang pengembangan yang harus dikembangkan di TK adalah kemampuan berbahasa. Kemampuan berbahasa tidak hanya ditunjukkan melalui kemampuan berbicara saja, tetapi juga kemampuan menyimak, membaca dan menulis. Kemampuan membaca awal merupakan modal penting bagi seorang anak dalam proses belajar. Dengan bekal kemampuan membaca awal yang baik maka seorang anak dapat mempelajari ilmu lain, dapat mengkomunikasikan gagasannya dan dapat mengekspresikan dirinya. Di TK Al Hikmah Kemuning, kemampuan membaca siswa masih sangat kurang. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dipilihlah pendekatan membaca tanpa mengeja. Metode membaca tanpa mengeja adalah suatu metode membaca tanpa memperkenalkan huruf dan bunyinya tetapi langsung suku kata menjadi kata dengan cara pembelajarannya diulang-ulang dan bertahap. Dalam menggunakan metode ini, lingkungan dan pengalaman anak akan menjadi sumber permainan anak. Pendekatan ini tidak hanya memfokuskan pada pengembangan kemampuan saja, tetapi dapat juga mengembangkan seluruh kemampuan bahasa anak dan juga kemampuan intelektual anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan menggunakan metode belajar membaca tanpa mengeja dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelompok B TK Al Hikmah Kemuning Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dan observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran membaca permulaan dengan pendekatan membaca tanpa mengeja dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi siswa, nilai tuntas pra siklus adalah 25%, siklus I sebesar 62,5% dan Siklus II mendapatkan hasil maksimal sebesar 100%. Saran yang dapat diberikan yaitu guru hendaknya lebih selektif dalam memilih pendekatan pembelajaran dan kreatif dalam menentukan strategi dan metode pembelajaran guna meningkatkan kemampuan belajar membaca serta memperbaiki kualitas pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TK, Kemampuan Membaca, Membaca Tanpa Mengeja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Feb 2013 08:17
Last Modified: 25 Feb 2013 08:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22835

Actions (login required)

View Item View Item