Upaya Meniningkatkan Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Menari Pada Anak Kelompok B TK Gabus 1 Ngrampal, Sragen Tahun Ajaran 2012-2013

Claudia, Klara Siska and , Drs. M. Djaelani, M.Pd. (2013) Upaya Meniningkatkan Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Menari Pada Anak Kelompok B TK Gabus 1 Ngrampal, Sragen Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (760kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (509kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri anak melalui kegiatan menari di TK Gabus 1, Ngrampal, Sragen tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelompok B TK Gabus 1 yang berjumlah 25 siswa yaitu 12 perempuan, dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara guru, peneliti, dan kepala sekolah. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan kegiatan menari, wawancara yang digunakan adalah antara peneliti dan anak, dan dokumentasi dalam penelitian ini yaitu daftar foto anak saat berlangsungnya kegiatan menari. Teknik analisis data dari penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat percaya diri anak kelompok B TK Gabus 1, Ngrampal, Sragen tahun ajaran 2012/ 2013 sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 20%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati dengan menggunakan kegiatan menari sebagai upaya peningkatannya, percaya diri anak diperoleh hasil yaitu siklus 1 menjadi 36%, siklus II meningkat menjadi 60%, dan siklus yang ke III percaya diri anak menjadi 80%. Adanya peningkatan dari setiap siklus menunjukkan bahwa penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menggunakan kegiatan menari dapat meningkatkan percaya diri anak kelompok B TK Gabus 1 tahun ajaran 2012/ 2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: percaya diri, kegiatan menari
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Feb 2013 07:44
Last Modified: 04 Nov 2021 12:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22833

Actions (login required)

View Item View Item