Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Media Celemek Cerita Pada Anak Kelompok Bermain Pelangi Ceria Jirapan Masaran Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Suparti, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Media Celemek Cerita Pada Anak Kelompok Bermain Pelangi Ceria Jirapan Masaran Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (900kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak kelompok bermain melalui kegiatan Bercerita dengan media celemek cerita pada Kelompok Bermain Pelangi Ceria di Jirapan, Masaran, Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penerima tindakan adalah anak kelompok bermain Pelangi Ceria Jirapan Masaran Sragen yang berjumlah 14 orang. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru kelas bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Keabsahan data diperiksa dengan trigulasi. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan interpersonal anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui kegiatan bercerita dengan celemek cerita. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kecerdasan interpersonal anak, yakni sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 17,21 dengan prosentase 43,03,%, peningkatan siklus I nilai rata-rata kelas 25,43, dengan prosentase 63,57%, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 29,21 dengan prosentase 73,03%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 32,92, dengan prosentase 82,32%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan bercerita dengan celemek cerita dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan interpersonal, metode celemek cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Feb 2013 07:22
Last Modified: 25 Feb 2013 07:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22832

Actions (login required)

View Item View Item