Penerapan Model Pembelajaran Lightening The Learning Climate Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri Karangtengah 02 Tahun Ajaran 2012/2013

Sumarningsih, Fatkhiyatul and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Penerapan Model Pembelajaran Lightening The Learning Climate Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri Karangtengah 02 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf

Download (257kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (548kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Lightening The Learning Climate. Jenis penelitian adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Karangtengah 02 yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan interaktif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi Energi dan Penggunaannya. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi pada siklus akhir yaitu siklus II yaitu: 1) Siswa yang senang dengan kegiatan pembelajaran yang menarik 86,96%, 2) Siswa yang merasa nyaman dengan lingkungan belajar yang kondusif 73,91%, 3) Siswa yang antusias dalam menerima pelajaran 91,3%, 4) Siswa yang mempunyai kemauan mendengarkan penjelasan guru 82,61% 5) Siswa yang berani menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain 78,26%, 6) Siswa yang mempunyai kemauan mengerjakan soal latihan yang diberikan guru 100%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai KKM sebesar 43,48%, kemudian pada Siklus I meningkat menjadi 73,91% sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM sebesar 95,65%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Lightening The Learning Climate dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lightening The Learning Climate, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Feb 2013 06:59
Last Modified: 27 Oct 2021 09:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22829

Actions (login required)

View Item View Item