Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Proyek Pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak Pertiwi 01 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

DARNINGSIH, UMIK (2013) Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Proyek Pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak Pertiwi 01 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (379kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (612kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1. Untuk mengetahui apakah melalui metode proyek dapat meningkatkan kemandirian anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 01 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013, dan 2. Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan metode proyek sehingga dapat meningkatkan kemandirian anak Taman Kanak-kanak Pertiwi 01 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh anak yang berada di Taman Kanak-kanak Pertiwi 01 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam observasi partisipan, dokumentasi dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa Kemandirian anak anak Taman Kanak-kanak Pertiwi 01 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang telah dinyatakan tuntas (memiliki aktifitas menunjukkan kemandirian memadai atau memiliki nilai ≥ 70 dalam skala 100) ada 3 anak dari 16 anak (18,75 %), sedangkan yang belum tuntas ada 13 anak dari 16 anak (81,25 %). 2 Kemandirian anak anak Taman Kanak-kanak Pertiwi 01 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar pada siklus II menunjukkan bahwa Jumlah siswa yang telah dinyatakan tuntas (memiliki aktifitas menunjukkan kemandirian memadai atau memiliki nilai ≥ 70 dalam skala 100) ada 12 anak dari 16 anak (75 %), sedangkan yang belum tuntas ada 4 anak dari 16 anak (25 %); 3 Kemandirian anak anak Taman Kanak-kanak Pertiwi 01 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar pada siklus III menunjukkan bahwa jumlah siswa yang telah dinyatakan tuntas (memiliki aktifitas menunjukkan kemandirian memadai atau memiliki nilai ≥ 70 dalam skala 100) ada 16 anak dari 16 anak (100 %), sedangkan yang belum tuntas ada 0 anak dari 16 anak (0 %). Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui metode proyek dapat melatih serta meningkatkan kemandirian anak sejak dini di Taman Kanak-kanak Pertiwi 01 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, kemandirian Anak, Metode proyek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 22 Feb 2013 11:37
Last Modified: 22 Feb 2013 12:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22814

Actions (login required)

View Item View Item