Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Media Pembelajaran Kit Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri I Jatisari, Sambi, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Darsono, Darsono and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Media Pembelajaran Kit Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri I Jatisari, Sambi, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (491kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (491kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang nantinya berdampak pula terhadap ketuntasan belajar pada mata pelajaran IPA melalui media alat peraga pembelajaran KIT IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar IPA yaitu hanya 25,2% dari jumlah siswa secara keseluruhan sehingga berdampak pada hasil belajar tentunya, terbukti hanya mencapai ketuntasan hasil belajar hanya 55,5% dari jumlah siswa secara keseluruhan >70(memenuhi KKM). Analisis kolaboratif menyatakan terdapat salah satu penyebab yaitu penggunaan Media KIT IPA yang belum pernah sekalipun digunakan. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V SDN I Jatisari Kecamatan Sambi. Teknik pengumpulan data dengan observasi,wawancara,dokumentasi dan test. Untuk menjamin validitas digunakan teknik trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan mengguanakan media KIT IPA dalam pembelajaran mampu meningkatkan motivasi belajar meningkat dari siklus I 43,2% menjadi 86,4% pada siklus II. Sehingga timbul peningkatan sebanyak 43,2%. Sehingga juga berdampak pada hasil belajar siswa dari siklus I hanya 63,6% menjadi 98,1% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar sebanyak 34,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan Penggunaan Media KIT IPA dapat Meningkatkan Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar IPA, media KIT IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2013 11:36
Last Modified: 27 Oct 2021 09:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22813

Actions (login required)

View Item View Item