Upaya Mengembangkan Mental Kewirausahaan Anak Melalui Metode Sosiodrama Pada Kelompok A Tk Aisyiyah 2 Masaran Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

SUMINI , SRI (2013) Upaya Mengembangkan Mental Kewirausahaan Anak Melalui Metode Sosiodrama Pada Kelompok A Tk Aisyiyah 2 Masaran Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (110kB)

Abstract

Mental kewirausahaan anak perlu dikembangkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk mengembangkan mental kewirausahaan anak adalah melalui metode sosiodrama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan mental kewirausahaan anak melalui metode sosiodrama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Aisyiyah 2 Masaran Sragen, semester I tahun pelajaran 2012/2013. Adapun jumlah anak didik kelompok A TK Aisyiyah 2 Masaran Sragen adalah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru kelas pendamping. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara komparatif, yaitu perbandingan antara mental kewirausahaan dengan indikator pencapaian pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan mental kewirausahaan anak melalui sosiodrama, yakni mental kewirausahaan pra siklus sebesar 44 %, peningkatan mental kewirausahaan siklus I sebesar 55 %, peningkatan mental kewirausahaan siklus II mencapai 70 % dan peningkatan mental kewirausahaan siklus III mencapai 89 %. Untuk mengembangkan mental kewirausahaan anak melalui metode sosiodrama juga didukung oleh beberapa indikator yaitu berani menghadapi tantangan, mampu mencari solusi, berani mengambil resiko dan bertanggung jawab. Selain itu keberhasilan dalam pengembangan mental kewirausahaan ini juga didukung metode pendukung diantaranya adalah pemberian waktu untuk mengerjakan tugas sebisa anak serta pemberian motivasi berupa reward dan pujian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sosiodrama dapat mengembangkan mental kewirausahaan anak

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mental Kewirausahaan, Sosiodrama.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 22 Feb 2013 11:16
Last Modified: 22 Feb 2013 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22809

Actions (login required)

View Item View Item