Pengaruh Karakteristik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 6 Bulungkulon Jekulo-Kudus Tahun Ajaran 2012/2013

Larasati, Diah (2013) Pengaruh Karakteristik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 6 Bulungkulon Jekulo-Kudus Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (882kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitiana kuantitatif dengan rumusan masalah adalah “Apakah karakteristik guru berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri 6 Bulungkulon Jekulo-Kudus tahun ajaran 2012/2013?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif karakteristik guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri 6 Bulungkulon Jekulo-Kudus tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 6 Bulungkulon yang berjumlah 114 siswa. Sampel dalam penelitian sebanyak 89 siswa yang diambil dengan teknik proposional random sampling. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara/ interviu, angket/ kuesioner, observasi dan dokumentasi. Angket atau kuesioner sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Sebelum dilakukan analisis data dengan regresi linier sederhana, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas dan uji linieritas. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh persamaan regresi linier sederhana sebagai berikut Y = 26,250+ 0,508 X, artinya motivasi belajar dipengaruhi oleh karakteristik guru. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Karakteristik guru berpengaruh positif terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan uji t, dengan thitung sebesar 5,506 sehingga thitung > ttabel atau 5,506 > 1,645 (α = 0,05) (2) hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,258, berarti 25,8% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh karakteristik guru , sisanya 74,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakteristik guru dan motivasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2013 11:06
Last Modified: 22 Feb 2013 11:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22808

Actions (login required)

View Item View Item