Wahyutriningsih, Heni and , Drs. Sumardi, M. Si. and , Dra. N. Setyaningsih, M. Si. (2013) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pendekatan Sains Teknologi Dan Masyarakat (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII A SMP Negeri 1 Jatinom Tahun. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (268kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (838kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan melalui pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII A SMP N I Jatinom dibantu oleh peneliti, serta siswa kelas VII A yang berjumlah 34 siswa sebagai penerima tindakan. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian yang diperoleh adalah penerapan pembelajaran melalui pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator kemampuan komunikasi matematika siswa yaitu sebagai berikut: 1) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal di depan kelas sebelum tindakan (8,82%) sesudah tindakan (44,11%), 2) kemampuan siswa dalam mengemukakan ide dalam pembelajaran matematika sebelum tindakan (5,88%) sesudah tindakan (41,17%), 3) Kemampuan siswa dalam bertanya pada guru meningkat sebelum tindakan (0%) sesudah tindakan (26,47%), 4) Kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi meningkat sebelum tindakan (8,82%) sesudah tindakan (67,64%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, pendekatan, sains teknologi dan masyarakat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Feb 2013 07:41 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 01:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22801 |
Actions (login required)
View Item |