Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pendekatan Sains Teknologi Dan Masyarakat (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII A SMP Negeri 1 Jatinom Tahun

Wahyutriningsih, Heni and , Drs. Sumardi, M. Si. and , Dra. N. Setyaningsih, M. Si. (2013) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pendekatan Sains Teknologi Dan Masyarakat (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII A SMP Negeri 1 Jatinom Tahun. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (838kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan melalui pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII A SMP N I Jatinom dibantu oleh peneliti, serta siswa kelas VII A yang berjumlah 34 siswa sebagai penerima tindakan. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian yang diperoleh adalah penerapan pembelajaran melalui pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator kemampuan komunikasi matematika siswa yaitu sebagai berikut: 1) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal di depan kelas sebelum tindakan (8,82%) sesudah tindakan (44,11%), 2) kemampuan siswa dalam mengemukakan ide dalam pembelajaran matematika sebelum tindakan (5,88%) sesudah tindakan (41,17%), 3) Kemampuan siswa dalam bertanya pada guru meningkat sebelum tindakan (0%) sesudah tindakan (26,47%), 4) Kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi meningkat sebelum tindakan (8,82%) sesudah tindakan (67,64%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, pendekatan, sains teknologi dan masyarakat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2013 07:41
Last Modified: 03 Nov 2021 01:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22801

Actions (login required)

View Item View Item