Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Bagi Siswa Kelas X Semester I SMA Islam Sudirman 2 Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

Nardi, Nardi and , Drs. H. Ariyanto, M. Pd. and , Masduki, S. Si., M. Si. (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Bagi Siswa Kelas X Semester I SMA Islam Sudirman 2 Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publkasi.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas x Sma Islam Sudirman 2 Boyolali, yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang antusias dalam: a) persiapan dalam mengikuti pembelajaran, sebelum tindakan 33,33%, putaran I 48,14%, putaran II 66,66%,dan pada putaran III 77,77% b) belajar kelompok sebelum tindakan 25,92%, putaran I 37,03%, putaran II 62,96% , dan pada putaran III 74,07%.c) menanggapi atau mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 7,40%, putaran I 14,81%, putaran II 33,33%, dan pada putaran III 48,14%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar. Pembelajaran kontekstual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2013 07:30
Last Modified: 03 Nov 2021 01:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22800

Actions (login required)

View Item View Item