Nardi, Nardi and , Drs. H. Ariyanto, M. Pd. and , Masduki, S. Si., M. Si. (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Bagi Siswa Kelas X Semester I SMA Islam Sudirman 2 Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publkasi.pdf Download (88kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (255kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas x Sma Islam Sudirman 2 Boyolali, yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang antusias dalam: a) persiapan dalam mengikuti pembelajaran, sebelum tindakan 33,33%, putaran I 48,14%, putaran II 66,66%,dan pada putaran III 77,77% b) belajar kelompok sebelum tindakan 25,92%, putaran I 37,03%, putaran II 62,96% , dan pada putaran III 74,07%.c) menanggapi atau mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 7,40%, putaran I 14,81%, putaran II 33,33%, dan pada putaran III 48,14%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar. Pembelajaran kontekstual. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Feb 2013 07:30 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 01:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22800 |
Actions (login required)
View Item |