Aspek Religius Dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Materi Ajar Sastra Di SMA

Sularsono, Juni Tri and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Dr. Nafron Hasyim (2013) Aspek Religius Dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Materi Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (559kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (765kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy; (2) mengungkapkan aspek religius novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy dengan pendekatan sosiologi sastra; (3) mengungkapkan implementasi hasil penelitian ini sebagai materi ajar di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy adalah jenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus terpancang. Objek penelitian ini adalah aspek religius novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan oleh Ihwah Publishing House. Teknik pengumpulan data dalam pene litian ini menggunakan teknik pustaka dan catat. Validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan metode dialektika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) struktur novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy difokuskan pada: tema, alur, penokohan, dan latar. Tema dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah perjuangan seorang wanita dewasa yang sangat ambisius dalam mengejar prestasi sehingga lupa untuk segera menikah; alurnya menggunakan alur campuran, tokoh utamanya Zahrana; latar tempat meliputi di kota Semarang, Beijing China, Solo, Yogyakarta, Bandung, Singapura, dan Demak; latar waktu terjadi pada dekade 2000-an; latar sosial gabungan dari kebudayaan Jawa, islami, dan latar dunia pendidikan. 2) aspek religius novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy terdapat 2 aspek. a) sikap ikhlas, yang meliputi sikap ikhlas kapada Allah dan sikap ikhlas terhadap sesama manusia. b) sikap pasrah, yaitu pasrah menerima segala ketentuan yang telah diberikan oleh Allah. Hasil penelitian dapat diimplementasikan sebagai materi ajar sastra di SMA, khususnya di kelas XI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek religius, sosiologi sastra, novel Cinta Suci Zahrana
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2013 05:57
Last Modified: 28 Oct 2021 06:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22797

Actions (login required)

View Item View Item