Peningkatan Minat Belajar Melalui Strategi Instant Assessment Dengan Media Choose Number Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2012/ 2013

Pratiwi, Heni and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Minat Belajar Melalui Strategi Instant Assessment Dengan Media Choose Number Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (489kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (427kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta melalui strategi pembelajaran Instant Assessment dengan media Choose Number. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yang berjumlah 40 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan, identifikasi siswa, perencanaan solusi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang terlihat dalam 4 indikator; yaitu rasa tertarik dan senang, perhatian dan konsentrasi, keterlibatan/ partisipasi aktif, dan antusiasme siswa dalam mengerjakan soal. Indikator rasa tertarik dan senang meningkat dari siklus I 70% menjadi 85% pada siklus II. Indikator perhatian dan konsentrasi siklus I 57,5% meningkat pada siklus II menjadi 82,5%. Indikator selanjutnya keterlibatan/ partisipasi aktif pada siklus I 62,5% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Dan pada indikator antusiasme dalam mengerjakan soal dari siklus I 65% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Selain peningkatan indikator minat, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar pra siklus hanya mencapai 47,5% atau 19 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 32 siswa atau 80%, dan meningkat pada siklus II mencapai 38 siswa atau 95%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dengan media Choose Number dapat meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, Instant Assessment, Choose Number.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Feb 2013 12:19
Last Modified: 27 Oct 2021 09:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22793

Actions (login required)

View Item View Item