Aspek Kepribadian Tokoh Utama Alif Fikri Dalam Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra

Safi’i, Ahmad and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd. (2013) Aspek Kepribadian Tokoh Utama Alif Fikri Dalam Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (917kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (915kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun novel Ranah 3 Warna., (2) mendeskripsikan aspek kepribadian tokoh utama Alif Fikri dalam novel Ranah 3 Warna, dan (3) mendeskripsikan implementasi kepribadian tokoh utama sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah aspek kepribadian tokoh Alif Fikri dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Sumber data menggunakan sumber data primer yakni novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi dan sumber data sekunder yakni penyelusuran lewat internet dan buku-buku lain. Pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik pembacaan semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan strukturalisme difokuskan pada tema, alur, penokohan, dan latar. Tema dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi adalah kisah perjuangan dan kesabaran seorang lelaki dewasa yang bernama Alif Fikri dalam meraih impian. Novel Ranah 3 Warna menggunakan alur maju (progresif). Penokohan dalam novel Ranah 3 Warna terdiri dari Alif Fikri, Amak, Ayah, Randai, Raisa, Rusdi, Francois Pepin, Ferdidand, dan Madeleine. Latar dalam novel Ranah 3 Warna adalah di daerah Sumatra Barat, Bandung, Cibubur, Amman Yordania, dan Kanada. Latar waktu terjadi pada tahun 1992 sampai dengan 2008. Latar sosial dalam novel ini adalah latar sosial kehidupan keluarga yang sederhana. Hubungan antara tema, alur, penokohan, dan latar saling berkaitan satu dengan lain sehingga mendukung totalitas makna novel Ranah 3 Warna. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, kepribadian Alif dalam novel Ranah 3 Warna adalah (1) pribadi yang tangguh, (2) pribadi yang cerdas dan mandiri, (3) pribadi yang suka membaca buku, (4) pribadi yang optimis dalam menghadapi masalah, (5) pribadi yang suka berpikir, dan (6) pribadi yang egois. Hasil penelitian ini juga dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI. Dengan demikian, aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Ranah 3 Warna dapat dijadikan acuan oleh pembaca untuk diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Kepribadian, Novel Ranah 3 Warna, Psikologi sastra
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Feb 2013 05:53
Last Modified: 28 Oct 2021 06:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22787

Actions (login required)

View Item View Item