ANALISIS KEPUASAN SISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NEUTRON DI SURAKARTA

FIRMANI, Miftahul Aulia (2008) ANALISIS KEPUASAN SISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NEUTRON DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100040017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengukuran kepuasan siswa dalam memperoleh pelayanan jasa pendidikan menggunakan dimensi kualitas jasa meliputi: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty (Parasuraman et al., 1985). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah dimensi kualitas jasa (tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty) berpengaruh secara signifikan dengan kepuasan siswa di lembaga bimbingan belajar NEUTRON dan untuk menganalisis variabel dari dimensi kualitas jasa yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap kepuasan siswa dalam mengikuti pendidikan di lembaga bimbingan belajar NEUTRON. Untuk menganalisis pengaruh antara kualitas jasa (tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty) terhadap kepuasan siswa di lembaga bimbingan belajar NEUTRON menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa lembaga bimbingan belajar NEUTRON Surakarta pada tahun 2007/2008 sejumlah 1294 siswa. Sedangkan sampel penelitiannya 100 orang pengguna jasa pendidikan yang pengambilan sampelnya menggunakan convenience sampling. Hasil perhitungan t statistik untuk variabel tangible (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 2,181 > 1,986 artinya tangible (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Neutron di Surakarta. Untuk variabel reliability (X2) nilai thitung 3,024 > 1,986 artinya reliability (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Neutron di Surakarta. Untuk variabel responsiveness (X3) nilai thitung 3,128 > 1,986 artinya responsiveness (X3) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Neutron di Surakarta. Untuk variabel assurance (X4) nilai thitung 3,834 > 1,986 artinya assurance (X4) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Neutron di Surakarta dan untuk variabel emphaty (X5) nilai thitung 2,335 > 1,986 artinya emphaty (X5) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Neutron di Surakarta. Hasil perhitungan diperoleh Fhitung 47,140 > 2,29 yang berarti bahwa tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Neutron di Surakarta, sedangkan dengan nilai R2 sebesar 0,715. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan maupun penurunan kepuasan siswa dapat dijelaskan oleh tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty pada Lembaga Bimbingan Belajar Neutron di Surakarta sebesar 71,5%; sedangkan sisanya sebesar 28,5% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, kepuasan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 08 Jun 2009 08:11
Last Modified: 17 Nov 2010 00:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item View Item