Aktivitas Larvasida Ekstrak Etil Asetat Batang Inggu (Ruta angustifolia L.) Terhadap Larva Nyamuk Anopheles aconitus dan Anopheles maculates Beserta Profil Kromatografinya

Listyaningrum, Dea and , Dr. Haryoto, M.Sc and , Rima Munawaroh, M.Sc., Apt (2013) Aktivitas Larvasida Ekstrak Etil Asetat Batang Inggu (Ruta angustifolia L.) Terhadap Larva Nyamuk Anopheles aconitus dan Anopheles maculates Beserta Profil Kromatografinya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)

Abstract

Ekstrak etil asetat batang inggu memiliki aktivitas larvasida terhadap larva nyamuk Anopheles maculatus dan Anopheles aconitus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas larvasida ekstrak etil asetat batang inggu terhadap larva nyamuk Anopheles maculatus dan Anopheles aconitus, nilai LC50 pada ekstrak tersebut dan golongan senyawa yang terdapat di dalam batang inggu. Ekstrak didapat dengan cara maserasi. Batang inggu diblender kemudian dimaserasi dengan menggunakan pelarut etil asetat. Kemudian diuji aktivitas larvasidanya terhadap larva nyamuk Anopheles maculatus dan Anopheles aconitus dengan metode bioassay. Konsentrasi ekstrak yang digunakan adalah 100, 250, 500, 750, dan 1000 ppm. Parameter yang digunakan adalah nilai LC50. Untuk analisis senyawa, digunakan metode pemisahan kromatografi lapis tipis dengan menggunakan fase gerak heksan-etil asetat (6:4). Ekstrak etil asetat batang inggu lebih efektif membunuh larva nyamuk Anopheles aconitus (LC50 467,34 ppm) dibandingkan dengan larva nyamuk Anopheles maculatus ( LC50 755,95 ppm). Berdasarkan dari hasil KLT, senyawa yang terkandung di dalam ekstrak tersebut adalah flavonoid, alkaloid, terpenoid, dan kumarin dengan Rf berturut-turut 0,25;0,25; 0,73; dan 0,71.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ruta angustifolia, Anopheles maculatus, Anopheles aconitus
Subjects: R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Feb 2013 06:40
Last Modified: 03 Nov 2021 06:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22764

Actions (login required)

View Item View Item