Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Citra Perusahaan (Sosialisasi dan Pembentukan Citra Melalui Penerapan Program Bina Lingkungan (BL) “Sektor Pendidikan: Beasiswa Kebidanan Masyarakat Lokal Kecamatan Nanggung, Bogor” PT. Aneka Tambang Tbk UBPE Pongkor Tahun 2012)

AMARILLAH, MEISARAH PUTRI (2012) Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Citra Perusahaan (Sosialisasi dan Pembentukan Citra Melalui Penerapan Program Bina Lingkungan (BL) “Sektor Pendidikan: Beasiswa Kebidanan Masyarakat Lokal Kecamatan Nanggung, Bogor” PT. Aneka Tambang Tbk UBPE Pongkor Tahun 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (409kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

CSR merupakan investasi yang baik untuk sustainability bisnis. CSR dapat memberikan kontribusi cukup besar dengan menjalin hubungan antara perusahaan dengan stakeholder melalui program CSR sebagai salah satu strategi perusahan untuk membangun citra positif. Citra tersebut menjadi aset keberlanjutan masadepan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di PT. Antam UBPE Pongkor yang wilayah operasionalnya sangat rentan terhadap reaksi negatif masyarakat sehingga menuntut tanggung jawab sosial dan lingkungan. Metode yang peneliti gunakan yaitu Metode Miles dan Huberman. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data diperoleh dengan melakukan wawancara dengan informan (stakeholder internal, pemerintah, penerima program dan masyarakat), observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Implementasi CSR di PT. Antam UBPE Pongkor merupakan suatu kewajiban perusahaan yang bersifat mandatory sekaligus sebagai sustainability perusahaan di wilayah operasi. Sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertambangan sumber daya alam, penerapan CSR di PT. Antam UBPE Pongkor diimplementasikan dalam bentuk Program Bina Lingkungan diatur dalam UU No. 40 tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah No. 47 tahun 2012 mengacu pada Peraturan Mentri BUMN PER-05/MBU/2007. Penerapan program Bina Lingkungan “Sektor Pendidikan: Beasiswa Kebidanan Masyarakat Lokal Kecamatan Nanggung, Bogor” membantu perusahaan membentuk citra positif di mata stakeholder-nya. Sosialisasi yang dilakukan perusahaan terhadap stakeholder belum optimal. Namun, opini masyarakat mengenai perusahaan menghasilkan respon positif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, PT. Aneka Tambang, Citra perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 18 Feb 2013 12:33
Last Modified: 18 Feb 2013 12:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22761

Actions (login required)

View Item View Item