Perbedaan Rerata Kapasitas Vital Paksa (KVP) Antara Mahasiswa Yang Berolahraga Teratur Dan Yang Berolahraga Tidak Teratur Di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Ramadani, Regies Mumpuni (2012) Perbedaan Rerata Kapasitas Vital Paksa (KVP) Antara Mahasiswa Yang Berolahraga Teratur Dan Yang Berolahraga Tidak Teratur Di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.PDF

Download (935kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (545kB)

Abstract

Berbagai aktivitas olahraga yang dilakukan manusia bertujuan untuk meningkatkan kualitas fisik sumber daya manusia, terutama apabila dilakukan secara benar dan teratur. Olahraga yang teratur dapat mengakibatkan perubahan pada sistem respirasi yaitu kemampuan otot-otot pernapasan, kapasitas total paru, dan kapasitas vital paksa paru. Desain penelitian menggunakan metode penelitian analitik observasional (non eksperiment) dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2012 sampai dengan Oktober 2012 di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta dan di Laboratorium Biomedik 1 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan sampel mahasiswa yang berolahraga teratur dan yang berolahraga tidak teratur usia 18-25 tahun. Besar sampel untuk masing-masing kelompok yaitu 27 orang. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Perbedaan KVP antara mahasiswa yang berolahraga teratur dan yang berolahraga tidak teratur dianalisis dengan uji Mann Whitney dengan program SPSS 17.0 for windows Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai KVP pada mahasiswa yang berolahraga teratur lebih tinggi (3582,22 ml) dibandingkan dengan mahasiswa yang berolahraga tidak teratur (3213,33 ml). Hasil uji Mann Whitney menunjukan significancy 0,007 (p = 0,007). Hasil penelitian menyatakan terdapat perbedaan nilai rerata Kapasitas Vital Paksa (KVP) yang bermakna (p < 0,05) antara mahasiswa yang berolahraga teratur dan yang berolahraga tidak teratur di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas Vital Paksa (KVP), olahraga, uji mann whitney
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Feb 2013 08:43
Last Modified: 18 Feb 2013 08:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22753

Actions (login required)

View Item View Item