Perbedaan Perkembangan Personal Sosial antara Anak yang Sekolah di TK Full Day dan TK Reguler di Surakarta

Cahyani, Fitriana (2013) Perbedaan Perkembangan Personal Sosial antara Anak yang Sekolah di TK Full Day dan TK Reguler di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (487kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (394kB)

Abstract

Latar Belakang: Masa usia dini adalah masa keemasan, artinya masa tersebut merupakan masa terbaik dalam proses belajar yang hanya sekali dan tidak pernah terulang kembali. Hal yang terpenting dalam perkembangan anak ialah perkembangan sikap sosialnya. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan personal sosial anak. Anak yang mendapat stimulasi yang terarah dan teratur akan berkembang dengan baik, salah satunya pada pendidikan prasekolah seperti Taman Kanak-kanak (TK). TK dilihat dari jenisnya dibedakan menjadi TK full day dan TK reguler. Tujuan Penelitian: Mengetahui perbedaan perkembangan personal sosial antara anak yang sekolah di TK full day dan TK reguler di Surakarta. Metode Penelitian: Merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang membandingkan anak yang sekolah di TK full day dan TK reguler. Sampel terdiri dari 52 anak yang sekolah di TK full day dan 44 anak yang sekolah di TK reguler di Surakarta. Teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan tes Denver. Hasil Penelitian: Setelah dilakukan analisis data menggunakan uji Chi Square didapatkan nilai p < 0,001 (p < 0,05) untuk perkembangan personal sosial. Kesimpulan: Perkembangan personal sosial anak yang sekolah di TK full day lebih baik daripada anak yang sekolah di TK reguler, dengan kata lain H1 diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Personal sosial, TK full day, TK reguler
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Feb 2013 07:33
Last Modified: 16 Feb 2013 07:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22735

Actions (login required)

View Item View Item