Hubungan Antara Pemberian Asi Eksklusif dan Asi Non Eksklusif Dengan Pertumbuhan Berat Badan Bayi 0-6 Bulan di Desa Giripurwo, Wonogiri

Tyas, Budiwan Putri Edining and , dr. Pratikto Widodo, Sp.A and , dr. Ganda Anang Sefri Ardiyanto (2013) Hubungan Antara Pemberian Asi Eksklusif dan Asi Non Eksklusif Dengan Pertumbuhan Berat Badan Bayi 0-6 Bulan di Desa Giripurwo, Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (743kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf

Download (562kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
5._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)

Abstract

Latar belakang : Berdasarkan International Breastfeeding Journal, diperoleh data terakhir menunjukkan bahwa hanya 38% bayi usia 2-3 bulan yang mendapatkan ASI eksklusif dan 23% bayi yang diberi makanan pendamping sebelum usia 6 bulan. Pada tahun 2006, data dari Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menunjukkan bahwa hanya 20,67% bayi usia 0-6 bulan yang mendapatkan ASI Eksklusif dari jumlah total bayi usia 0-6 bulan yaitu 12.508. Pemberian ASI bagi tumbuh kembang yang optimal baik fisik maupun mental dan kecerdasannya, maka perlu perhatian agar dapat terlaksana dengan benar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberian ASI eksklusif dan ASI non eksklusif dengan pertumbuhan berat badan pada bayi 0-6 bulan. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan case control. Subyek penelitian ini adalah balita dengan pemberian ASI Eksklusif dan ASI Non Eksklusif di Posyandu Desa Giripurwo, Wonogiri. Metode pengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian diuji dengan uji statistik uji Chi Square dengan program SPSS 19,0. Hasil: Besar sampel yang diperoleh adalah 72 bayi yang terdiri atas 24 (33,33%) bayi dengan pertumbuhan berat badan tidak baik terdiri atas 6 bayi mendapatkan ASI Eksklusif dan 18 bayi mendapatkan ASI Non Eksklusif. Sedangkan 48 (66,67%) balita dengan pertumbuhan berat badan baik terdiri atas 40 bayi mendapatkan ASI Eksklusif dan 8 bayi mendapatkan ASI Non Eksklusif . Terdapat hubungan yang bermakna antara 2 kelompok dengan uji data chi square, didapatkan nilai p=0,000 (p< 0,05) dan OR=15 dengan CI = 95%. Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian ASI eksklusif dan ASI Non eksklusif dengan pertumbuhan berat badan pada bayi 0-6 bulan di Desa Giripurwo, Wonogiri dan Pemberian ASI Non Eksklusif meningkatkan pertumbuhan berat badan tidak baik 15 kali lipat daripada bayi yang mendapat ASI Eksklusif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ASI Eksklusif, ASI Non Eksklusif, Bayi, Balita, Pertumbuhan, Berat Badan.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Feb 2013 06:26
Last Modified: 03 Nov 2021 05:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22730

Actions (login required)

View Item View Item