Aktivitas Larvasida Fraksi Semipolar Ekstrak Etanol Daun Inggu (Ruta Angustifolia L.) Terhadap Larva Nyamuk Anopheles Aconitus dan Anopheles Maculatus Beserta Profil Kromatografinya

Marisa, Dina (2013) Aktivitas Larvasida Fraksi Semipolar Ekstrak Etanol Daun Inggu (Ruta Angustifolia L.) Terhadap Larva Nyamuk Anopheles Aconitus dan Anopheles Maculatus Beserta Profil Kromatografinya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (188kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah pubikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (242kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)

Abstract

Inggu (Ruta angustifolia L.) memiliki aktivitas larvasida terhadap larva nyamuk Anopheles aconitus dan Anopheles maculatus yang merupakan vektor penyebab penyakit malaria di Pulau Jawa. Adanya fraksinasi diharapkan dapat meningkatkan aktivitas larvasida tanaman inggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas larvasida fraksi semipolar ekstrak etanol daun inggu terhadap larva nyamuk Anopheles aconitus dan Anopheles maculatus. Ekstraksi dilakukan dengan metode maserasi dengan merendam serbuk daun inggu di dalam 7,5 bagian etanol 96%. Fraksinasi dilakukan menggunakan Kromatografi Cair Vakum (KCV) dengan pelarut heksan:etil asetat dengan konsentrasi bertingkat. Uji aktivitas larvasida terhadap fraksi semipolar dilakukan dengan menggunakan uji bioassay. Replikasi pada uji in dilakukan sebanyak 4 kali dengan masing-masing replikasi dibagi menjadi 5 seri konsentrasi. Seri konsentrasi yang digunakan adalah 100, 200, 300, 400, dan 500 ppm. Kontrol positif yang digunakan adalah Abate® sedangkan untuk kontrol negatifnya digunakan CMC-Na 1%. Hasil menunjukkan bahwa fraksi semipolar ekstrak etanol daun inggu memiliki LC50 527,82 ppm untuk larva nyamuk Anopheles aconitus dan 574,52 ppm untuk larva nyamuk Anopheles maculatus. Ini menunjukkan bahwa fraksi semipolar ekstrak etanol daun inggu tidak poten dalam membunuh larva nyamuk Anopheles aconitus dan Anopheles maculatus karena fraksi tersebut hanya mampu menyebabkan kematian larva pada konsentrasi yang besar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ruta angustifolia L., larvasida, A.aconitus, A. maculatus
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 15 Feb 2013 12:23
Last Modified: 15 Feb 2013 12:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22725

Actions (login required)

View Item View Item