Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Make A Match Siswa Kelas Vii Mtsn Sukoharjo

RAHMAWATI, ARIS (2013) Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Make A Match Siswa Kelas Vii Mtsn Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (556kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (780kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII MTsN Sukoharjo. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas adalah prestasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Cooperative Learning tipe Make A Match. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus.Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Sebagai subyek adalah siswa kelas VII C MTsN Sukoharjo yang berjumlah 28 siswa. Subyek diambil dengan alasan siswa dalam kelas tersebut mengalami permasalahan dalam prestasi belajar pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test / penugasan, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan validitas demokratis dengan bentuk triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi, sajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas siklus I menunjukkan ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dengan nilai rata-rata 78 dan prosentase nilai diatas KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) sebanyak 64%. Pada siklus II menunjukkan ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dengan nilai rata-rata 87 dan prosentase nilai di atas KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) sebanyak 89%. Pada siklus III menunjukkan ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dengan nilai rata-rata 88 dan prosentase nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebanyak 89%. metode Cooperative Learning tipe Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VII MTsN Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, tipe Make a Match
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2013 11:41
Last Modified: 15 Feb 2013 12:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22718

Actions (login required)

View Item View Item