Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (Studi Multi Kasus Di Mi At Taqwa Dan Mi Muhammadiyah Kedungwinong Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011)

WIYANTO, ARIF and , Dr.Abdullah Ali,M,Ag and , Dr.Samino,M.M (2013) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (Studi Multi Kasus Di Mi At Taqwa Dan Mi Muhammadiyah Kedungwinong Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (958kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN_TESIS.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab__VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan Strategi perencanaan, Implementasi dan hasil implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MI At Tagwa and MI Muhammadiyah Kedungwinong Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo Metode Penelitian kualitatif mengikuti konsep Miles dan Hubermen dengan 3 komponen yaitu data reduction, data display dan conclution verification. sedangkan metode pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, Adapun rumusan masalah yang dijadikan pijakan dalam melakukan langkah – langkah penelitian adalah :1.Strategi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada MI At Tagwa dan MIM Kedungwinong Sukoharjo.2.Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di MI At Tagwa dan MIM Kedungwinong Sukoharjo.3.Hasil Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di MI At Tagwa dan MIM Kedungwinong Sukoharjo Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa dengan adanya Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MI At Tagwa dan MIM Kedungwinong Sukoharjo menunjukkan bahwa 1. strategi perencanaan yang diterapkan sudah baik terbukti tercapainya hasil MBS sesuai hasil yang direncanakan. 2. Implementasi MBS yang diterapkan di MI sudah bisa dilaksanakan hal tersebut dapat dilihat dengan pola kerja Kepala Sekolah, Guru,Karyawan yang meningkat,kreatif,inovatif dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi serta pengambilan keputusan selalu melibatkan partisipasi setiap konstituen seperti Guru Siswa, Karyawan, Tokoh Masyarakat. 3. Hasil Implementasi MBS menunjukkan hasil yang signifikan diberbagai bidang dari mutu pendidikan,jumlah siswa,kebijakan Kepala Sekolah peran guru dan masyarakat Kegiatan Belajar Mengajar, Kurikulum, , dan Sarana dan Prasarana. Hanya saja seiring keberhasilannya dalam mengimplementasikan MBS, tetapi ada beberapa kekurangan yang ada dalam Impementasi MBS di MI At Tagwa and MI Muhammadiyah Kedungwinong yaitu pada sisi Monitoring/pengawasan dan Evaluasi .

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen, Sekolah, Mutu, Pendidikan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2013 11:26
Last Modified: 25 Oct 2021 03:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22715

Actions (login required)

View Item View Item