Pengalaman Keluarga Dalam Pengambilan Keputusan Kesehatan Yang Berhubungan Dengan Perspektif Keperawatan Transkultural Pada Pasien Yang Dirawat Di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Sari, Rosi Novia and , Ali Muhlisin, S.KM, M.Kep and , Agus Sudaryanto, S.Kep., Ns., M.Kes (2012) Pengalaman Keluarga Dalam Pengambilan Keputusan Kesehatan Yang Berhubungan Dengan Perspektif Keperawatan Transkultural Pada Pasien Yang Dirawat Di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_depan_.pdf

Download (723kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (270kB)

Abstract

Pengambilan keputusan kesehatan dari keluarga sangat diperlukan agar pasien segera mendapat perawatan lanjutan dari tenaga kesehatan dengan baik. Anggota keluarga pasien dengan berbagai latar belakang pengetahuan, budaya, social ekonomi dapat mempengaruhi bagaimana keputusan yang diambil, termasuk keluarga dengan latar belakang suku Jawa dalam mengambil keputusan berkaitan dengan perawatan pasien di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengalaman keluarga dalam pengambilan keputusan kesehatan yang berhubungan dengan perspektif keperawatan transkultural di rumah sakit pku muhammadiyah surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sampel penelitian adalah pasien yang dirawat dibangsal bedah yang akan dilakukan tindakan medis sebanyak 11 pasien, sedangkan pada anggota keluarga diambil 4 responden. Pengambilan sampel mengunakan cara purposive, yaitu skema pencuplikan non-random dengan retriksi dimana peneliti memilih sampel berdasarkan pertimbangan (judgment). Data penelitian diperoleh dengan wawancara mendalam dan Fokus group discussion. Analisis data menggunakan analisis content. Hasil penelitian adalah pengalaman keluarga dalam pengambilan keputusan tindakan medis diputuskan dari semua anggota keluarga yang ada. Keputusan keluarga diambil dengan cara diskusi dengan anggota keluarga yang kebetulan berada di rumah sakit saat mengantar pasien. Penanggung jawab pengambilan keputusan tidak terikat oleh orang tua atau kepala keluarga, yaitu dapat dilakukan oleh anak, cucu, kakak dalam keluarga hal ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengambilan Keputusan Kesehatatan, Keperawatan Transkultural
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Feb 2013 12:27
Last Modified: 09 May 2016 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22701

Actions (login required)

View Item View Item