Dasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Difable Sport Centre Di Surakarta (Pendekatan Arsitektur Ekologis)

Triady , Aswin Yuyun (2013) Dasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Difable Sport Centre Di Surakarta (Pendekatan Arsitektur Ekologis). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (490kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Olahraga adalah kegiatan untuk mengolah diri, kebutuhan oleh semua mahluk hidup untuk mengolah jasmani dan rohaninya. Terlebih lagi untuk kaum difable, mereka juga membutuhkan aktifitas gerak dalam bidang olahraga. Perkembangan dan pembangunan fasilitas,sarana dan prasarana di indonesia masih minimal untuk mewadahi aktifitas gerak yang mendukung kenyamanan,keamanan dan kemudahan untuk kaum difable. Sudah banyak undang-undang yang menggatur tentang fasilitas publik untuk kaum difable, tapi dalam realisasinya pun masih minimal kadang di tempat umum tidak ada satupun fasilitas untuk kamun difable seperti jalan,tempat parkir,pedestrian,kamarmandi umum,telefon umum,dll Difable sendiri adalah akronim dari Different Abality atau Different Ability People atau manusia dengan kemampuan yang berbeda.tetapi mereka juga mimiliki aktifitas gerak,perlu adanya fasilitas yang mendukung aktifitas gerak mereka. Perluadanya desain untuk Kemudahan aksesibilitas bagi mereka di tempat umum.seperti di plaza.pedestrian,trotoar,gedung,tempat rekreasi dll Solo yang pernah menyelenggarakan Asean ParaGames 2011 inipun terkadang masihterdapat ruang publik yang belum memiliki fasilitas untuk kemudahan kaum difable. Maka dari itu perlunya kita untuk mendesain dan mengembangkan bangunan dan fasilitas-fasilitas umum yang dapat mewadai dan memudahkan aktifitas gerak kaum difable agar tidak merasa terpinggirkan Perancangan Difable Sport Center ini diharapkan dapat memudahkan dan mewadai aktifitas gerak kaum difable. Dan diharapkan kita dapat bersosialisasi tidak menjauhi dan mengucilkan mereka karena mereka juga membutuhkan apa yang kita butuhkan. Mereka bukannya tidak mampu dan tidak bisa tetapi mereka hanya memiliki keterbatasan gerak dan kemampuan yang berbeda.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: difable, sport, ekologis
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 13 Feb 2013 11:31
Last Modified: 13 Feb 2013 11:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22696

Actions (login required)

View Item View Item