Studi Manajemen Waktu Aktivis Mahasiswa Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta

Wahyuningsih, Tri and , Dr. H. Sumardi, M.Si. and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd. (2013) Studi Manajemen Waktu Aktivis Mahasiswa Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Aktivis mahasiswa program studi pendidikan matematika seringkali harus mengatur waktu antara tanggungjawab akan pendidikan akademik dan tanggungjawab dalam organisasi. Hal ini dikarenakan seorang aktivis mahasiswa harus mampu mengatur waktu untuk pendidikan akademik dan organisasi. Dari sinilah muncul berbagai masalah yang menyebabkan konflik dalam diri setiap individu antara waktu untuk organisasi yang menyesuaikan dengan waktu studi, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen waktu mahasiswa program studi pendidikan matematika yang aktif dalam organisasi terhadap prestasi belajar. Tempat pelaksanaan penelitian di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta program studi pendidikan matematika yang aktif dalam organisasi atau mahasiswa aktivis. Untuk mendapatkan Informasi dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mandalam dan angket untuk wawancara setengah terbuka, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan member check. Teknik analisis data secara first order understanding dan second order understanding. Hasil penelitian adalah (1)Aktivis mahasiswa memiliki perencanaan dalam setiap kegiatan yang akan dijalaninya, dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa 64% aktivis mahasiswa membuat perencanaan dan mempunyai skala prioritas dalam menentukan waktu. (2) Ada hubungan antara manajemen waktu aktivis mahasiswa dengan prestasi belajar, hal ini ditunjukan dengan 32% aktivis mahasiswa yang masih kebingungan dalam marencanakan kegiatan ketika ada kegiatan yang bersamaan, dan ada 4% mahasiswa yang lebih memperioritaskan mengasah bakatnya, karena berpandangan bahwa bakatnya nanti yang akan mengantarkan pada prestasi yang lain, meski tidak berprestasi dalam akademik. (3) Hasil pendokumentasian arsiparsip nilai mahasiswa, Indeks Prestasi Mahasiswa program studi pendidikan matematika yang aktif dalam organisasi mampu mencapai nilai rata-rata sangat memuaskan. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara manajemen waktu terhadap prestasi belajar. Sehingga semakin tinggi manajemen waktu yang dimiliki mahasiswa maka semakin tinggi prestasi belajar, sebaliknya semakin rendah manajemen waktu yang dimiliki mahasiswa maka semakin rendah pula prestasi belajarnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen waktu dan prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Feb 2013 08:45
Last Modified: 03 Nov 2021 01:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22688

Actions (login required)

View Item View Item