Identifikasi Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal - Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Tahun 2012

Kharismamati, Vistita Febri (2012) Identifikasi Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal - Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (512kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendiskripsikan jenis-jenis kesalahan dan mengetahui tingkat persentase kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII. F dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan Bidang Datar Persegi dan Persegi Panjang. Dalam penelitian ini kesalahan yang dilakukan siswa antara lain kesalahan dalam aspek pemahaman konsep, kesalahan dalam aspek penerapan rumus, kesalahan dalam aspek penggunakan data dan kesalahan dalam aspek perhitungan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII.F SMP Negeri 3 Sawit sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu mengadakan penafsiran data berdasarkan perhitungan persentase yang didapat dari perhitungan setiap butir soal. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah non statistika atau analisis kualitatif dengan persentase. Dari hasil penelitian diperoleh maka didapat persentase tiap jenis kesalahan yaitu: (1) Kesalahan dalam pemahaman konsep sebesar 22,22% tergolong rendah, (2) Kesalahan dalam penerapan rumus sebesar 9,72% tergolong sangat rendah, (3) Kesalahan dalam penggunaan data sebesar 3,47% tergolong sangat rendah dan (4) Kesalahan dalam perhitungan sebesar 20,14% tergolong rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan terbesar presentasenya adalah kesalahan dalam pemahaman konsep dan kesalahan dalam perhitungan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Kesalahan, Soal Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Feb 2013 07:52
Last Modified: 11 Oct 2018 07:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22684

Actions (login required)

View Item View Item