Tinjauan Aspek Kognitif Pada Buku Teks Matematika SMP Kelas IX

Prihantoro, Agus and , Dr. Sumardi, M.Si. and , Bapak Masduki, S.Si., M.Si. (2013) Tinjauan Aspek Kognitif Pada Buku Teks Matematika SMP Kelas IX. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2.Naskah_Publikasi.pdf

Download (546kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.Halaman_Depan.pdf

Download (437kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar PUstaka)
9.1.Daftar_Pustaka.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.2.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pendistribusian aspek kognitif pada buku teks matematika SMP kelas IX. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis setiap soal uji kompetensi ke dalam aspek kognitif. Indikator aspek kognitif yang digunakan adalah indikator aspek kognitif berdasarkan SEC (Survey of Enacted Curiculum). SEC membagi aspek kognitif kedalam 5 tingkatan, yaitu: memorrize, Perform Procedure, Demonstrate Understanding, Conjecture/ Generalize/ Prove, dan Solve Non-Routine Problems. Hasil penelitian ini adalah buku “Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX SMP/MTs” memiliki persentase soal aspek kognitif pada tingkat memorize sebesar 5,2%, perform precedure sebesar 69,6%, demonstrate understanding sebesar 20,9%, conjecture/ generalizw/ prove sebesar 3,5%, solve non routine problem sebesar 0,9%. Buku “Matematika Bermakna IX” persentase pada tingkatan memorize sebesar 2,4%, perform precedure sebesar 57,1%, demonstrate understanding sebesar 27,4%, conjecture/ generalizw/ prove sebesar 9,5% dan solve non routine problem sebesar 3,6%. Persentase aspek kognitif pada buku “Seribu Pena Matematika Untuk SMP/ MTs Kelas IX” tingkatan memorize sebesar 3,1%, perform precedure sebesar 57,8%, demonstrate understanding sebesar 32,5%, conjecture/ generalizw/ prove sebesar 4,1% dan solve non routine problem sebesar 2,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mayoritas soal pada ketiga buku berada pada tingkat perform precedure sementara soal pada tingkat conjecture/ generalizw/ prove dan solve non routine problem masih kurang. Ketiga buku tersebut kurang melatih siswa untuk berfikir kritis dan kreatif karena kebanyakan soal pada tingkat rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Kognitif, Buku Teks, Survey of Enacted Curriculum (SEC
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Feb 2013 07:21
Last Modified: 03 Nov 2021 01:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22683

Actions (login required)

View Item View Item