Penerapan Strategi Pembelajaran Crosssword Puzzle Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Senggrong Tahun Pelajaran 2012/2013

Ayuk, Pamuji Rahayu and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Crosssword Puzzle Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Senggrong Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Senggrong melalui penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Senggrong yang berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakn 2 siklus dengan 4 tahap kegiatan yaitu kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Peningkatan kreativitas tersebut terlihat dalam 3 indikator yaitu rasa ingin tahu sebesar 100% dari pra siklus hingga siklus 2, kepercayaan diri sebelum tindakan sebesar 20% meningkat 45% pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi 100%, berani mengungkapkan pendapat sebelum tindakan sebesar 25% meningkat 50% pada siklus I dan pada siklus II meningkat 90%. Siswa yang mencapai nilai KKM dalam mata pelajaran IPA mengalami peningkatan dari 50% menjadi 65% pada siklus I dan siklus II sebesar 90%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Senggrong tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Crossword Puzzle, kreativitas, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 07:22
Last Modified: 27 Oct 2021 09:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22682

Actions (login required)

View Item View Item