Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menghitung Keliling Dan Luas Bangun Datar Melalui Strategi Discovery-Inquiry Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Tlobo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013

Subagyo, Roni Agus (2013) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menghitung Keliling Dan Luas Bangun Datar Melalui Strategi Discovery-Inquiry Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Tlobo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (256kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengembangkan wawasan guru dalam proses inovasi pembelajaran, untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran dengan strategi discovery-inquiry, dan untuk meningkatkan ketrampilan menghitung keliling dan luas bangun datar dengan strategi discovery-inquiry. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilakukan 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 Tlobo dan guru. Obyek penelitian ini adalah ketrampilan menghitung keliling dan luas bangun datar. Data yang dikumpulkan adalah data pelaksanaan pembelajaran dengan strategi discovery-inquiry dan ketrampilam siswa menghitung keliling dan luas bangun datar. Metode pengumpulan datanya dengan dokumentasi, observasi, dan test. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan penerapan strategi discovery-inquiry pada siklus I terdapat peningkatan dari rata-rata 40 menjadi 60,42. Karena nilai pada siklus I belum mencapai KKM (68) maka dilanjutkan ke siklus II. Siklus II terdapat peningkatan dari rata-rata 60,42 menjadi 66,66. Nilai pada siklus II belum mencapai KKM maka dilanjutkan ke siklus III. Siklus III terdapat peningkatan dari rata-rata 66,66 menjadi 82,44. Penelitian ini berhenti pada silus III karena nilai sudah di atas KKM sehingga dengan pelaksanaan 3 siklus dengan strategi discovery-inquiry dapat meningkatkan ketrampilan menghitung keliling dan luas bangun datar. Jadi dapat disimpulkan hipotesis yang dirumuskan telah terbukti kebenarannya. Terdapat peningkatan kwalitas pelaksanaan pembelajaran dengan strategi discovery-inquiry pada siklus I, siklus II, dan siklus III dan ada peningkatan ketrampilan menghitung keliling dan luas bangun datar dengan pelaksanaan strategi discovery-inquiry.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketrampilan menghitung keliling dan luas bangun datar, strategi discovery-inquiry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 06:55
Last Modified: 13 Feb 2013 08:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22676

Actions (login required)

View Item View Item