Peningkatan Keaktifan Belajar Ips Dengan Penerapan Strategi Every One Is A Teacher Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Gantiwarno Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Wati, Ika Setyo (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Ips Dengan Penerapan Strategi Every One Is A Teacher Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Gantiwarno Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (729kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (234kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS melalui strategi pembelajaran Every One is A Teacher bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Gantiwarno kecamatan Matesih kabupaten Karanganyar pada tahun pelajaran 2012 / 2013 . Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Gantiwarno dan guru kelas V SD Negeri 03 Gantiwarno sebagai subyek pelaku pembelajaran strategi Everyone is a teacher. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obsevasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian pada kegiatan pembelajaran terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa dari 7 siswa yang aktif dalam membuat pertanyaan, menjawab pertanyaan maupun menanggapi jawaban temannya pada siklus I menjadi 10 siswa yang aktif dalam pembelajaran pada siklus II. Jika dilihat dari sudut hasil belajar IPS yang KKM-nya 63 diperoleh data ketuntasan belajar siswa 6 siswa pada pra siklus, kemudian meningkat menjadi 8 siswa pada siklus I, dan meningkat menjadi 12 siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu mencapai nilai ≤ 63 pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan strategi everyone is a teacher dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Gantiwarno kecamatan Matesih kabupaten Karanganyar semester 1 tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi everyone is a teacher, keaktifan belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 06:48
Last Modified: 13 Feb 2013 08:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22674

Actions (login required)

View Item View Item