Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation (Gi) Pada Anak Kelompok B Roudhotul Athfal Sudirman Ngwaru Tahun Ajaran 2012-2013

Sriyanti, Sriyanti (2013) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation (Gi) Pada Anak Kelompok B Roudhotul Athfal Sudirman Ngwaru Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halmn_Depan.pdf

Download (287kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak RA Sudirman Ngwaru, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai November 2012 sampai bulan Januari 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Sudirman Ngwaru. Data yang dikumpulkan berupa kemampuan bahasa anak dan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation. Data dianalisis dengan metode komparatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata prosentase pencapian dari siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata kemampuan bahasa anak meningkat dari prasiklus 45,16% menjadi 61,83% pada siklus I, Siklus II menjadi 80%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran cooperative leraning tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B RA Sudirman Ngwaru

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation, kemampuan bahasa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 06:01
Last Modified: 13 Feb 2013 08:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22667

Actions (login required)

View Item View Item