Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Kartu Angka Dan Gambar Pada Anak Kelompok Adi Tk Mta 1 Kebakkramat Karanganayar Tahun 2012-2013

MARFUAH, HENI (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Kartu Angka Dan Gambar Pada Anak Kelompok Adi Tk Mta 1 Kebakkramat Karanganayar Tahun 2012-2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (907kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI..pdf

Download (166kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung permulaan menggunakan media kartu angka dan gambar di TK MTA 1 Kebakkramat Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti sekaligus guru kelopok A TK MTA 1 Kebakkramat Karanganyar sebagai pelaksana tindakan.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK MTA 1 Kebakkramat Karanganyar yang berjumlah 13 anak.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan membandingkan skor rata-rata dalam tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok A di TK MTA 1 Kebakkramat Karanganyar dapat ditngkatkan dengan menggunakan media kartu angka dan gambar. Langkahlangkah yang dilakukan adalah sebagai berikut: a) guru membuka pelajaran, b) guru mengajak menyanyikan lagu, c) guru meminta anak-anak untuk duduk di tikar, d) guru mengajak anak menceritakan pengalaman sebelum kesekolah, e) guru menjelaskan tema, f) bertanya-jawab tentang tema, g) memperkenalkan media yang akan di gunakan pada hari tersebut, h) Membilang dan memberi tanda = pada gambar buah yang jumlahnya sama dan tanda = pada gambar buah yang jumlahnya tidak sama, h) Membilang dan memberi tanda > pada gambar yang jumlahnya lebih banyak dan tanda < pada gambar yang jumlahnya lebih sedikit; i) Anak mengambil gambar sesuai angka yang di pegang guru, j) Memasukkan benda ke dalam wadah sesuai angkanya, k) Memasangkan kartu angka dengan gambar l) memasangkan lambang bilangan dengan benda ( daun ), m) mengenalkan pengurangan dengan cara memisahkan benda, n) mengurutkan gambar dari kecil ke besar dengan angka 1-5. 2) Terjadi peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada pelaksanaan siklus I dari 13 anak kelas A TK MTA 1 Kebakkramat Karanganyar yang dinyatakan tuntas belajar sebanyak 5 anak deangan nilai rata-rata 82,788 %. Setelah siklus II sebanyak 12 anak telah memenuhi ketuntasan belajar denagn nilai rata-rata kelas yaitu 92,307 %, sedangkan selebihnya yaitu satu anak yang belum mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung permulaan , media kartu angka dan gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 05:16
Last Modified: 13 Feb 2013 09:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22661

Actions (login required)

View Item View Item