EFEKTIFITAS ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKODONO SRAGEN TAHUN AJARAN 2007/2008

MUTI’AH, INA (2008) EFEKTIFITAS ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKODONO SRAGEN TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A420030110.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)

Abstract

EFEKTIFITAS ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKODONO SRAGEN TAHUN AJARAN 2007/2008 Ina muti’ah, A 420030110, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008, 88 halaman Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui efektifitas role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukodono pada konsep sistem indera. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan model pembelajaran role playing dan dari data yang diperoleh setiap akhir pertemuan yaitu dari aspek kognitif (post test) dan aspek sikap siswa (afektif). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VIII B yang berjumlah 41 siswa. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa. Sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan rata-rata hasil belajar 5.2 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5.8 rata-rata siklus II meningkat menjadi 7.4 dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 8.2. Aktifitas siswa dalam aspek afektif meningkat dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus I didapatkan rata-rata 29 (kurang berhasil), rata-rata siklus II meningkat menjadi 36.75 (cukup berhasil), dan rata-rata siklus III meningkat menjadi 40.12 (berhasil). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran role playing efektif untuk meningkatan hasil belajar (nilai) siswa dari siklus I sampai dengan siklus III.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran role playing, hasil belajar biologi.
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 08 Jun 2009 07:57
Last Modified: 14 Mar 2011 10:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2266

Actions (login required)

View Item View Item