Implementasi Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidkan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kedunggalar Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2012/2013)

Laksono, Setia Budi and , Dra. Sundari, SH., M.Hum. (2013) Implementasi Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidkan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kedunggalar Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (755kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (507kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 di SMP Negeri 2 Kedunggalar Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini mengunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah 1) peraturan menteri pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 41 tahun 2007 relatif sempurna terimplementasi di SMP Negeri 2 Kedunggalar Kabupaten Ngawi. Hal ini dapat dibuktikan dengan perangkat pembelajaran yang digunakan di SMP Negeri 2 Kedunggalar Kabupaten Ngawi berupa Silabus dan RPP yang sudah sesuai dengan peraturan menteri pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 41 tahun 2007. 2) Kendala yang sering dihadapi guru ialah kurang siapnya siswa dalam mengikuti pembelajaran dan tidak semangatnya mengikuti pembelajaran di kelas. Solusi yang dilakukan pihak sekolah adalah guru harus mempersiapkan siswa terlebih dahulu pada saat akan memulai pembelajaran dengan membacakan standar kompetensi, kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa semangat mengikuti pelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Standar Proses Pendidikan, Peraturan Menteri Pendidkan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Feb 2013 10:38
Last Modified: 23 Oct 2021 03:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22659

Actions (login required)

View Item View Item