Hubungan Kausal Antara Berorganisasi Dan Kemampuan Berfikir Kritis Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2009/2010

Putra, Sigit Aditia and , Drs. Sudarto, HS. MM and , Drs. H.M. Yahya, M.Si. (2013) Hubungan Kausal Antara Berorganisasi Dan Kemampuan Berfikir Kritis Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (566kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) mengetahui hubungan kausal yang signifikan antara berorganisasi dengan prestasi belajar mahasiswa program studi Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2009/2010. 2) mengetahui hubungan kausal yang signifikan antara kemampuan berfikir kritis dengan prestasi belajar mahasiswa program studi Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2009/2010. 3) mengetahui hubungan kausal yang signifikan antara berorganisasi dan kemampuan berfikir kritis dengan prestasi belajar mahasiswa program studi Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2009/2010. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 mahasiswa program studi Akuntansi. Sampel diambil sebanyak adalah 50 mahasiswa karena populai dibawah 100. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 2,864 + 0, 003 X1 + 0, 006 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh berorganisasi dan kemampuan berfikir kritis. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada hubungan kausal yang signifikan antara berorganisasi dengan prestasi belajar mahasiswa” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,226 > 2,021 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,041 dengan sumbangan efektif sebesar 4,4%. 2) “ Ada hubungan kausal yang signifikan antara kemampuan berfikir kritis dengan prestasi belajar mahasiswa” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,605 > 2,021 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,027 dengan sumbangan efektif sebesar 9,3%. 3) “ Ada hubungan kausal yang signifikan antara berorganisasi dan kemampuan berfikir kritis dengan prestasi belajar mahasiswa” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 3,909 > 3,230 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,13,7 menunjukkan bahwa besarnya berorganisasi dan kemampuan berfikir kritis secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 13,7%, sedangkan 86,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berorganisasi, Kemampuan berfikir kritis, Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Feb 2013 09:06
Last Modified: 01 Nov 2021 03:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22657

Actions (login required)

View Item View Item