Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Diare Dengan Kejadian Diare Pada Balita Usia 2-5 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar

KhikmahJ, Furi Ainun and , dr. Burhannudin Ichsan, M. Med, Ed. and , dr. Devi Usdiana Rosyidah (2013) Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Diare Dengan Kejadian Diare Pada Balita Usia 2-5 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Apabila balita terserang diare maka tindakan-tindakan yang ibu ambil akan menentukan perjalanan penyakitnya. Tindakan tersebut dipengaruhi berbagai hal, salah satunya adalah pengetahuan. Penyakit diare merupakan penyebab kedua kematian pada anak dibawah lima tahun terutama di Negara berkembang. Sebanyak 1,8 juta orang meninggal setiap tahun karena penyakit diare, 90% adalah anak usia di bawah lima tahun. Dalam urutan penyebab kunjungan puskesmas atau balai pengobatan, diare hampir selalu termasuk dalam kelompok tiga penyebab utama ke puskesmas. Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang diare dengan kejadian diare pada balita usia 2-5 tahun. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner pengetahuan tentang diare, analisis data menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil: Tingkat pengetahuan ibu dibagi menjadi tiga kelompok yaitu, pengetahuan baik 53 orang (53%), pengetahuan cukup 41 orang (41%), dan pengetahuan kurang 6 orang (6%). Dari hasil penelitian, ibu dengan pengetahuan baik (53 orang) sebanyak 18 anak diare dan 35 anak tidak diare. Ibu dengan pengetahuan cukup (41 orang), didapatkan 29 anak diare dan 12 anak tidak diare. Ibu dengan pengetahuan kurang (6 orang) didapatkan 5 anak diare dan 1 anak tidak diare. Hasil analisis didapatkan nilai p = 0,001. Kesimpulan: Terdapat hubungan pengetahuan ibu tentang diare dengan kejadian diare pada balita usia 2-5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Diare, Diare Pada Balita
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Feb 2013 12:09
Last Modified: 28 Oct 2021 02:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22649

Actions (login required)

View Item View Item