Dampak Solo Car Free Day Terhadap Citra Kota Solo Sebagai Green City (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Dampak Pelaksanaan Solo car free day Terhadap Citra Solo Sebagai Green City)

Wiyanto, Wiyanto (2012) Dampak Solo Car Free Day Terhadap Citra Kota Solo Sebagai Green City (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Dampak Pelaksanaan Solo car free day Terhadap Citra Solo Sebagai Green City). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (351kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_ILMIAH.pdf

Download (711kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Dampak Pelaksanaan Solo Car Free Day Terhadap Citra kota Solo Sebagai Green City adalah sebuah penelitian yang membahas tentang pelaksaan kegiatan Solo Car Free Day di kota Solo dan upaya Pemerintah Kota Solo menjadikan Kota Solo sebagai kota hijau atau green city. Alasan pemilihan tema ini dikarenakan adanya kaitan yang erat dan berkesinambungan antara program Solo Car Free Day dengan upaya menjadikan kota solo sebagai kota hijau atau green city. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pelaksanaan Solo Car Free Day terhadap citra kota Solo sebagai green city. Apakah pelaksanaan solo car free day yang ada di kota solo mempunyai dampak yang besar dan berarti terhadap perwujudan kota Solo sebagai kota hijau atau green city, atau justru tidak mempunyai dampak yang berarti. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif, yakni dengan menggambarkan bagaimana dampak pelaksanaan Solo Car Free Day terhadap citra kota solo sebagai green city yang ingin diwujudkan oleh pemerintah kota Solo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan metode wawancara, pengumpulan dokumen dan observasi. Teknik analisa data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Adapun sampelnya ialah Kepala Sub Bagian Kerjasama dan Kemitraaan Media Bagian Humas dan Protokol Kota Surakarta, Staf Bidang Komunikasi dan Informatika Dishubkominfo Kota Surakarta, Kepala Bidang PKLH dan KSDA Balai Lingkungan Hidup Kota Surakarta, dan tiga orang warga masyarakat kota Solo. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa kegiatan Solo Car Free Day turut mendukung perwujudan kota Surakarta menjadi green city atau kota hijau. Keberhasilan pelaksanaan program Solo Car Free Day juga menciptakan persepsi dan tanggapan yang baik dibenak masyarakat. Citra positif yang terbentuk dikalangan masyarakat membuktikan bahwa Solo Car Free Day memberikan dampak yang positif terhadap perwujudan kota solo sebagai green city.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Solo Car Free Day, Citra Kota, Green City
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Feb 2013 08:34
Last Modified: 11 Feb 2013 08:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22640

Actions (login required)

View Item View Item