ANALISIS PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN KAMAR PADA HOTEL NOVOTEL SOLO

NAHROWI, Moch (2008) ANALISIS PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN KAMAR PADA HOTEL NOVOTEL SOLO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100040001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Pengaruh Penetapan Harga, Promosi terhadap Volume Penjualan Kamar pada Hotel Novotel Solo, yang bertujuan untuk mengetahui apakah penetapan harga kamar dan promosi secara signifikan berpengaruh terhadap volume penjualan kamar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linier berganda dan uji asumsi klasik dengan menggunakan data yang diperoleh dari Hotel Novotel Solo. Data yang diperoleh dilakukan pengujian statistik yang meliputi uji linear berganda, uji F, uji t, R2 dan uji asumsi klasik yang meliputi uji heterokedastisitas, uji otokorelasi dan uji multikolinieritas. Variabel-variabel yang digunakan adalah penetapan harga dan promosi, dari pengujian uji F hasil dari keduanya berpengaruh positif terhadap volume penjualan pada α = 5%. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = 2 200 000 000 + 195 899 X1 + 74 027 X2. Hasil uji t-test, untuk variabel penetapan harga diperoleh dari thitung < ttabel yaitu 0,836 < 1,960, menunjukkan ada pengaruh yang tidak signifikan antara penetapan harga terhadap volume penjualan kamar, variabel promosi diperoleh hasil dari thitung > ttabel, yaitu 9,359 > 1,960, menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara biaya promosi terhadap volume penjualan kamar. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,940 atau sebesar 94%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 6% dipengaruhi oleh variabel yang lain diluar variabel tersebut. Dengan menggunakan derajat keyakinan 95%, maka diperoleh probabilitas dengan tingkat signifikan 0,000 maka nilainya jauh lebih kecil dibandingkan dengan 0,05 yang artinya model regresi dapat dipakai untuk memprediksi volume penjualan. Artinya variabel penetapan harga dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap volume penjualan. Hasil pengujian uji asumsi klasik dengan otokorelasi pengolahan data dengan metode Durbin Watson adalah 1,152 dan dapat disimpulkan 0 < 1,152 < 1,5 maka artinya variabel data memiliki otokorelasi positif. Hasil pengujian dengan uji multikolinieritas adalah variabel harga (X1) rhitung = 0,455 dan promosi (X2) rhitung = 0,257 dan diketahui masing-masing variabel mempunyai rhitung < 0,80, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pada model regresi ini tidak terjadi problem multikolinieritas. R2 sebesar = 0,056 dan LM = R2 X N (0,056 X 36 = 2,016). Dikarenakan nilai LM lebih kecil dari 9,2 (2,016 < 9,2), maka artinya model regresi ini standar error (e) tidak mengalami gejala heterokedastisitas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penetapan harga, promosi, volume penjualan kamar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 08 Jun 2009 07:46
Last Modified: 17 Nov 2010 00:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item