Peningkatan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Pkn Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri 04 Kemiri Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

ASTUTI, SEPTIANA DWI (2012) Peningkatan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Pkn Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri 04 Kemiri Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (715kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (653kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar PKn sistem pemerintahan desa, kelurahan dan kecamatan bagi siswa kelas IV SD Negeri 04 Kemiri tahun pelajaran 2012/2013 melalui strategi pembelajaran Role Playing. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dan mengacu pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rumusan masalah yaitu: Apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar PKn bagi siswa kelas IV SD Negeri 04 Kemiri, Kebakkramat, Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013?. Subyek penelitian adalah Guru dan Siswa kelas IV SD Negeri 04 Kemiri sedangkan Objek penelitiannya adalah pelajaran PKn melalui strategi pembelajaran Role Playing. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu : lembar observasi, daftar kelas IV SD Negeri 04 Kemiri, daftar nilai. Tehnik analisis data dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian akhir menunjukkan aktivitas belajar siswa meningkat. Pada siklus I siswa yang bertanya 52,1%, Pada siklus II 80,4%. Siswa yang menjawab pertanyaan pada siklus I 65,2%, pada siklus II 89,1%.Kerjasama siswa pada siklus I 36,9%, pada siklus II 76%. Siswa yang mandiri mengerjakan soal pada siklus I 69,5%, pada siklus II 89,1%. Siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan KKM ≥ 68, pada siklus I sebesar 65,21 %, siklus II 84,78 %. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Role Playing ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn sistem pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan bagi siswa kelas IV SD Negeri 04 Kemiri Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar siswa, strategi pembelajaran role playing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Feb 2013 11:24
Last Modified: 08 Feb 2013 12:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22625

Actions (login required)

View Item View Item